Jawa Timur

Tekan Covid-19, Kapolda Jatim Kembali Revitalisasi Kampung Tangguh Semeru

Tingginya angka penambahan kasus baru Covid-19 di Jatim membuat Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta kembali merevitalisasi Kampung Tangguh Semeru.

Ia menegaskan akan kembali menghidupkan konsep swadaya masyarakat tersebut sebagai upaya pengendalian dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Penegasan itu disampaikan Kapolda Jatim saat mengunjungi Kampung Tangguh Semeru di Wonorejo, Kecamatan Tegalsari, Surabaya, Jumat (8/1/2021).

Secara langsung, jenderal polisi bintang dua itu mengecek kondisi penerapan Kampung Tangguh yang menjadi andalan Jatim dalam mereduksi penyebaran Covid-19 hingga jadi percontohan nasional.

Saat tiba di lokasi Kapolda Jatim berbincang dengan Satgas Covid-19 atau relawan, terkait dengan kesiapan atau kebutuhan yang perlu diberikan dukungan. Dengan menginventarisasi kebutuhan, Kapolda berharap revitalisasi bisa lebih dimaksimalkan.

“Program pengendalian Covid-19 di setiap Kampung Tangguh akan diisi oleh jajaran pemerintah, TNI dan Polri. Kampung tangguh ini berperan aktif untuk mengendalikan warga yang terkonfirmasi Covid-19. Selain itu jika ada warga yang terkonfirmasi Covid-19 bisa dengan cepat diinformasikan,” ujarnya.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat di seluruh Jawa Timur untuk patuhi protokol kesehatan. “Saya minta warga Jatim tetap terapkan (3M) mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” pungkasnya.

Saat ini Polda Jatim mencatat Kampung Tangguh Semeru tersebar di 693 kecamatan, 2.742 desa/kelurahan dan di 3.721 RW. Tercatat pula 2.582 warga dan 2.690 anggota Polri sebagai penanggungjawab Kampung Tangguh Semeru. Jumlah ruang isolasi tercatat di Kampung Tangguh tercatat 1.651 dengan kapasitas 6.775 bed.

Selain Kampung Tangguh Semeru juga ada 44 Mall Tangguh, 16 Ponpes Tangguh, 16 Resto Tangguh, 64 Industri Tangguh, 175 Terminal Tangguh, dan 48 Lokasi Wisata Tangguh. Seluruhnya telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan dalam pengawasan Satgas Covid-19 Jatim. (sumber : jatimprov.go.id)

Kirim Komentar