Kota Surabaya

15 Tokoh Inspiratif Penerima Beritajatim Awards, Siapa Saja?

Merayakan hari jadinya yang ke-15, portal beritajatim.com menggelar sejumlah event. Di antaranya pemberian Beritajatim.com Awards untuk 15 tokoh, komunitas, dan lembaga inspiratif.

Mereka adalah orang-orang yang di tengah pandemi tetap konsisten melakukan gerakan kemanusiaan, bekerja dengan sungguh-sungguh untuk kebaikan, menyodorkan inovasi, menyodorkan gagasan kolaboratif, dan masih banyak lagi.

Daftar nama 15 nama itu adalah sebagai berikut.

1.         Leo Arief Budiman Kategori individu penggerak kegiatan sosial dan kreatif di kalangan anak-anak

Sejak sebelum pandemi Covid-19, Leo terus melakukan pendampingan pada anak-anak berkebutuhan khusus di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Surabaya. Pendampingan itu dilakukan lewat kegiatan kreatif dalam hal ini fotografi. Salah satu terobosan yang dibuat adalah gelaran pameran foto.

2.         Sonny Adinawan Kategori komunitas penggerak kegiatan pemberdayaan ekonomi warga

Bersama warga di kampungnya, ia mendirikan Pasar Nol Kilometer. Pasar ini digelar dengan konsep bazar sembako murah, dimana tiap produk dijual dengan harga dasar. Setiap pembelian dengan harga lebih kemudian dikumpulkan dan dibelanjakan lagi dalam bentuk paket sembako, kemudian dibagikan pada warga terdampak pandemi.

3.         AKBP Memo Ardian Kategori penegakan hukum

Sebagai Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya, ia memperolehPIN Emas Kapolri karena keberhasilannya mengungkap kasus narkotika dan mengamankan 350 kilogram sabu. Kinerjanya yang baik jadi panutan anggota polisi yang lain.

4.         H. Badrut Tamam, S.Psi (Bupati Pamekasan) Kategori kepala daerah penggerak inisiatif, inovasi dan kolaborasi.

Dikenal sebagai kepala daerah penggerak inisiatif, inovasi dan kolaborasi. Beberapa capaian yang ia raih di antaranya inovasi pelayanan publik, layanan kesehatan, dan strategi menumbuhkan ekonomi dari desa dengan program wira usaha baru (WUB) serta mendorong protokol kesehatan yang baik.

5.         R. Abdul Latif Amin Imron (Bupati Bangkalan) Kategori kepala daerah penggerak inisiatif, inovasi dan kolaborasi.

Kepala daerah  penggerak inisiatif, inovasi dan kolaborasi. DI masa Pandemi Covid-19, ia makin serius menggali inovasi dalam pengembangan batik produksi Bangkalan, termasuk upaya penjualan batik melalui online. Kemudian pemanfaatan lahan tandus, pemanfaatan pasir putih di Desa Tlanggoh menjadi objek wisata menjadi pelengkap industry pariwisata di Pantai Utara Bangkalan, inovasi pembuatan pupuk alam, dan masih banyak lagi.

6.         PT Pertamina EP Asset 4 Kategori perusahaan penggerak inisiatif, inovasi dan kolaborasi.

Program Sahabat Pertamina yang diinisiasi merupakan Program Layanan Kesehatan Berbasis Masyarakat di pilar Kesehatan dengan melibatkan masyarakat disekitar wilayah operasi secara langsung.Program ini juga memiliki kegiatan tambahan seperti pendampingan warga desa ke fasilitas kesehatan sekitar yang memerlukan transportasi Mobil Layanan Kesehatan, membantu kegiatan posyandu balita maupun lansia yang digelar di Desa, dan juga membantu tenaga medis Polindes ketika melakukan pemberian imunisasi ori difteri anak-anak balita sampai remaja.

7.         PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore Kategori kolaborasi dan inovasi untuk pemberdayaan  masyarakat berbasis pengelolaan lingkungan hidup dan potensi alam

Menyodorkan Program Pembangunan Pariwisata di Pantai Pasir Putih Tlangoh dan eco edufarming di Bandang Dajah. Upaya ini berkembang jadi langkah pemberdayaan ekonomi warga yang berkembang signifikan. Dibuka saat Pandemi Covid-19, program ini mampu merangkul SDM lokal dan para perangkat desa dalam Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Kini setidaknya ada 100 warga Desa Tlangoh yang hidup dari tempat wisata ini.

8.         Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra DI, Sp.B., Sp. BTKV Kategori individu inovatif di dunia kesehatan

Sebagai Kepala Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya, ia menyodorkan gagasan infovatif dalam bentuk metode penyembuhan. Misalnya penguatan konsep ‘Be Happy’ untuk membantu pembentukan antibodi dan imunitas tubuh pasien. Dengan gagasan ini, pasien sembuh RS Lapangan Indrapura masuk dalam kelompok yang tertinggi.

9.         Dr. Sutejo, M.Hum Individu yang memberi inspirasi melalui karya sastra.

Sastrawan dan akademisi yang mampu memberi inspirasi melalui karya-karyanya berupa puisi, cerita pendek, dan karya ilmiah. Juga dikenal sebagai penggerak literasi yang telah menerima banyak penghargaan.

10.     National Hospital Surabaya Kategori rumah sakit insiatif dan antisipatif di masa pandemi

Menghadapi Pandemi Covid-19, National Hospital jadi rumah sakit yang siap mengantisipasi gelombang pasien Covid-19, baik untuk masyarakat umum maupun eks patriat yang ada di Surabaya, lewat pengadaan peralatan yang cepat. RS ini juga mampu mempercepat hasil swab yang awalnya 3 hari jadi satu hari.

11.     Universitas Airlangga Kategori lembaga pendidikan yang berinisiatif, inovatif, dan responsif dalam menanggapi Covid-19 sejak awal.

Di awal pandemi, Universitas Airlangga melakukan inisiatif dan respons cepat terkait sebaran Covid-19. Seperti inisiatif pembuatan reagen, pelayanan swab, perawatan penderita, riset vaksin dan obat, serta pengawalan penanganan pandemi

12.     Wina Bojonegoro Kategori individu pegiat sastra inisiatif dan inovatif dalam memperkuat kegiatan literasi.

Pegiat sastra yang konsisten menggelar kegiatan literasi dengan cara merangkul masyarakat awam agar mau menulis dan membuat buku di tengah pandemi.

13.     Siti Retnanik Kategori individu inovatif di bidang pengembangan UMKM

Pelaku UKM dengan sodoran produk unik, khas, dan mampu menjangkau pasar di luar negeri. Ia juga konsisten melakukan kegiatan produksi dan penjualan, meski di tengah pandemi.

14.     Budi Johanis Penghargaan khusus untuk dedikasinya di dunia olahraga

Ia terus dikenal sebagai legenda Persebaya Surabaya. Selain kiprahnya sebagai kapten dan playmaker jempolan, ia juga dikenal memiliki sikap yang baik sehingga jadi inspirasi pemain yang lain, khususnya kelompok pesepakbola muda.

15.     Kresnayana Yahya Penghargaan khusus untuk dedikasinya di dunia pendidikan khususnya statistik dan ekonomi

Dikenal sebagai salah satu pakar statistik terbaik di Jawa Timur. Sebagai dosen senior, sikap dan pandangannya memberi banyak inspirasi, baik untuk mahasiswa atau sesama pengajar. Terakhir aktif sebagai Direktur Enciety Business Consult dan Dewan Pembina LEAD Indonesia (salah satu program The Foundation of Sustainable Development atau Yayasan Pembangunan Berkelanjutan dari Inggris)

 

Kirim Komentar